SMASGA Gelar Lomba Kreasi Ancak Maulid

BONDOWOSO, Radar Ijen – SMAN 1 Tenggarang (SMASGA) Kabupaten Bondowoso memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW secara berbeda. SMASGA menggelar Lomba Kreasi Ancak Maulid Kamis (21/9). Tujuannya, agar siswa SMASGA bisa meneladani perilaku Nabi Muhammad SAW dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu, SMASGA juga menggelar SMASGA Bersolawat di sekolah.


“Warga SMASGA bersama-sama bersholawat dengan dipimpin oleh Tim Hadrah SMAN 1 Tenggarang. Siswa berkumpul di luar ruangan dengan tetap memakai masker dan menjaga jarak bersholawat dengan khidmat,” kata Kepala Sekolah SMASGA Kabupaten Bondowoso.


Kasek SMASGA Drs Bambang Subiantoro sendiri yang membuka lomba ancak sekaligus SMASGA Bersholawat. “Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW ini agar kita bisa meniru perilakunya,” imbuhnya.


Lantas, Kasek SMASGA Drs Bambang Subiantoro menjelaskan tentang lomba ancak. “Ancak merupakan menu khas yang selalu ada dalam peringatan maulid. Ancak dijadikan wadah menu khas tersebut dan dapat dibuat dari pelepah pisang, kemudian diisi dengan berbagai macam buah-buahan dan nasi tumpeng,” ujarnya.


Setiap kelas diwajibkan membuat satu ancak untuk dinilai oleh Tim Juri. “Terdapat 28 Ancak Buah yang dilombakan dan akan dipilih 5 ancak terbaik dengan rasa terenak tentunya,” ungkapnya.


Sejak pagi sekali, siswa SMASGA telah siap dengan ancak masing-masing yang telah dihias dari rumah. Mereka sibuk menata ancak pada meja penilaian yang berjejer dan telah disediakan sekolah. Ke 28 ancak karya siswa SMASGA dinilai oleh tiga juri Bapak Triyono, Bu Endah Rasmini dan Bu Wiwik Mukartiwi.


Menurut salah satu juri Bapak Triyono, penyajiannya menarik, siswa sangat kreatif, sehingga perlu pertimbangan matang untuk memilih ancak terbaik. “Lima ancak terbaik yang dipilih juri. Yaitu Juara 1 XI MIPA 3, Juara 2 X MIPA 3, Juara 3 XII MIPA 7, Juara 4 XI MIPA 5 dan Juara 5 X MIPA 5,” ujarnya. (ika/aro)

Related Posts