Latihan Rutin Pramuka Cakra Buana Tien Soeharto

Mengacu pada Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan (Permendikbud) nomor 63 tahun 2014 menetapkan bahwa kegiatan kepramukaan merupakan ektrakulikuler wajib. Maka, SMAN 1 Tenggarang mewajibkan seluruh siswa menjadi anggota Ekstrakurikuler SMAN 1 Tenggarang dan wajib mengikuti kegiatan rutin sesuai jadwal yang telah ditentukan.


Jum’at, 15 Oktober 2021 dilaksanakan latihan rutin kegiatan pramuka di SMAN 1 Tenggarang. Anjuran untuk menghindari terbentuknya kerumunan dan selalu menjaga jarak mengakibatkan pembatasan jumlah siswa yang diperbolehkan hadir, yaitu hanya siswa kelas X MIPA 1 sampai dengan X MIPA 5, sedangkan siswa lainnya dijadwalkan pada hari lain.


Robert Baden Powell, Bapak Pramuka Dunia mencetuskan Pramuka (dulu bernama Gerakan Kepanduan) bertujuan untuk melatih para pesertanya dan mendorong mereka untuk melakukan kegiatan positif di masyarakat, dimana dirumuskan menjadi poin-poin dalam SKU (Syarat Kecakapan Umum). Hal tersebutlah yang juga diajarkan dalam kegiatan pramuka di SMAN 1 Tenggarang. Latihan rutin pada juma’at 15 Oktober kemarin membahas tentang poin 1, 12, dan 14 dalam SKU, yang secara garis besar berisi penjelasan tentang rukun iman dan islam, anjuran mendirikan sholat, puasa, dan memperlakukan jenazah, sejarah pramuka Indonesia dan Sang Merah Putih.


Latihan rutin dilaksanakan pada pukul 13.30 sampai 16.00 dengan susunan acara sebagai berikut:

  1. Upacara Pembukaan oleh Pembina Pramuka Ibu Sukendah, S.Pd
  2. Pemberian Materi SKU
  3. Doa sekaligus penutupan

Related Posts